1.
Jelaskan bagaimana proses komunikasi antara user
dengan mesin (perangkat telekomunikasi dan komputer) sehingga user dapat
mengakses layanan telematika!
- Pada dasarnya agar komputer dapat digunakan haruslah terdiri dari suatu kesatuan sistem yang terdiri dari 3 komponen utama, yaitu hardware (perangkat keras),software (perangkat lunak) dan brainware (user/pengguna). Sistem operasi bisa dikatakan merupakan program yang menghubungkan semua komponen sistem komputer tersebut. Sementara, Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Sehingga dapat dikatakan sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai/user.
- System calls menyediakan interface pelayanan-pelayanan yang disediakan oleh sistem operasi,umumnya ditulis dengan bahasa C atau C++, atau beberapa fungsi yang mengakses hardware secara langsung menggunakan bahasa rakitan. Ada lima jenis system calls utama, yaitu:
üProcess control merupakan system calls yang
mengendalikanproses-proses yang berjalan.
üFile manipulation adalah kumpulan system calls
yang bertugas melakukan manipulasi file seperti pembacaan, penulisan,
pengahapusan dan pengubahan.
üInformation maintance. System calls yang
menghubungkan user dengan sistem operasi dalam hal berbagi informasi.
üCommunication.
2. Apa fungsi dasar hukum (UU ITE) yang digunakan
apabila ada penyalahgunaan dalam layanan telematika, jelaskan!
- · UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) merupakan ketentuan atau pengaturan yang berlaku bagi setiap orang yang melakukan perbuatan hukum. Berfungsi mengatur mengenai hal-hal yang berkaitan dengan informasi dan transaksi elektronik serta perbuatan yang dilarang. UU ITE
3. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya
penyalahgunaan layanan telematika!
· Banyaknya
kasus penyalahgunaan layanan telematika disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut dapat berasal dari diri sendiri maupun lingkungan yang mendukung, diantaranya
yaitu
ü
Akses
internet yang tidak terbatas, perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat
jaringan internet pun semakin luas dan tidak terbatas.
ü
Sistem
keamanan yang lemah, hal ini menyebabkan suatu layanan mudah disalahgunakan
ü
Kurangnya
pengawasan pada penggunaan layanan telematika, baik dari lingkungan keluarga
maupun dari pemerintahan suatu negara.
ü
Pengaruh
Komunitas, penyalahgunaan layanan telematika dapat terjadi akibat dari pengaruh
seorang teman atau suatu komunitas.
ü
Rasa
ingin tahu yang tinggi, kecerdasaan seorang user pun sering kali memicu
keinginan untuk melakukan hal negatif.
ü
Adanya
Kesempatan, penyalahgunaan layanan telematika tidak mungkin terjadi apabila
tidak ada kesempatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar