Sabtu, 28 Januari 2017

TUGAS 3 Pengantar Telematika

1.       Jelaskan bagaimana proses komunikasi antara user dengan mesin (perangkat telekomunikasi dan komputer) sehingga user dapat mengakses layanan telematika! 
  •     Pada dasarnya agar komputer dapat digunakan haruslah terdiri dari suatu kesatuan sistem yang terdiri dari 3 komponen utama, yaitu hardware (perangkat keras),software (perangkat lunak) dan brainware (user/pengguna). Sistem operasi bisa dikatakan merupakan program yang menghubungkan semua komponen sistem komputer tersebut. Sementara, Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Sehingga dapat dikatakan sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai/user.
  •  System calls menyediakan interface pelayanan-pelayanan yang disediakan oleh sistem operasi,umumnya ditulis dengan bahasa C atau C++, atau beberapa fungsi yang mengakses hardware secara langsung menggunakan bahasa rakitan. Ada lima jenis system calls utama, yaitu:
üProcess control merupakan system calls yang mengendalikanproses-proses yang berjalan.
üFile manipulation adalah kumpulan system calls yang bertugas melakukan manipulasi file seperti pembacaan, penulisan, pengahapusan dan pengubahan.
üInformation maintance. System calls yang menghubungkan user dengan sistem operasi dalam hal berbagi informasi.
üCommunication.

2.    Apa fungsi dasar hukum (UU ITE) yang digunakan apabila ada penyalahgunaan dalam layanan telematika, jelaskan!
  • · UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) merupakan ketentuan atau pengaturan yang berlaku bagi setiap orang yang melakukan perbuatan hukum. Berfungsi mengatur mengenai hal-hal yang berkaitan dengan informasi dan transaksi elektronik serta perbuatan yang dilarang. UU ITE 
3. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan layanan telematika! 
·             Banyaknya kasus penyalahgunaan layanan telematika disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut dapat berasal dari diri sendiri maupun lingkungan yang mendukung, diantaranya yaitu

ü  Akses internet yang tidak terbatas, perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat jaringan internet pun semakin luas dan tidak terbatas.
ü  Sistem keamanan yang lemah, hal ini menyebabkan suatu layanan mudah disalahgunakan
ü  Kurangnya pengawasan pada penggunaan layanan telematika, baik dari lingkungan keluarga maupun dari pemerintahan suatu negara.
ü  Pengaruh Komunitas, penyalahgunaan layanan telematika dapat terjadi akibat dari pengaruh seorang teman atau suatu komunitas.
ü  Rasa ingin tahu yang tinggi, kecerdasaan seorang user pun sering kali memicu keinginan untuk melakukan hal negatif.
ü  Adanya Kesempatan, penyalahgunaan layanan telematika tidak mungkin terjadi apabila tidak ada kesempatan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar